Sabtu, 09 Oktober 2021

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Supplier yang Tepat


 
Menjadi seorang dropshipper, tidak harus memiliki produk jika ingin menjual suatu barang. Berbeda dengan reseller yang harus membeli barang terlebih dulu, kemudian ditawarkan kembali pada konsumen.

Dalam menjalakan bisnis dropship, Anda harus menjalin kerja sama dengan supplier yang mengizinkan untuk menjual secara online tanpa perlu membeli barang. Bisnis ini juga cukup mudah dilakukan oleh para pemula.

Cara Mencari Supplier yang Tepat untuk Partner Bisnis

Supplier adalah faktor penentu dari bisnis dropship yang Anda jalankan. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai berbisnis, ialah mencari supplier yang dapat diandalkan.

Berikut ini beberapa cara mencari supplier yang tepat untuk kelangsungan bisnis dropship Anda. Tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!

Datang ke Acara Pameran dan Bazar

Acara seperti pameran dan bazar biasanya menjadi ajang produsen atau penjual untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat umum. Banyak konsumen, reseller, maupun dropshipper yang juga berkumpul di sana. Pun, Anda bisa melihat produk apa yang potensial di pasaran.

Ingat! Mintalah kontak yang bisa dihubungi dari para produsen atau penjual di sana. Tanyakan pada mereka, apakah bisnis mereka membuka rekrutmen reseller atau dropship.

Lakukan Survei ke Sentra Industri

Lakukan survei ke sentra industri produk yang Anda taksir. Tujuannya, agar Anda bisa melihat langsung dan mempertimbangkan hal-hal seperti kualitas produk, ragamnya, harga, kualitas supplier atau produsen, dan sebagainya.

Tanyakan juga pada supplier atau produsen, apakah mereka membuka kesempatan partnership untuk reseller dan dropshipper.

Kontak Produsen atau Distributor Resmi

Anda bisa menghubungi langsung kontak produsen atau distributor resmi melalui website atau kontak telepon, untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran. Namun, kemungkinan besar Anda dipatok untuk membeli produk dalam jumlah besar jika langsung menghubungi mereka.

Anda harus menanyakan soal keterangan terhadap kebijakan terkait penerimaan reseller dan dropship, sebab tidak semua distributor menerima sistem dropshipper.

Cari Supplier melalui Marketplace

Marketplace merupakan salah satu tempat untuk menemukan supplier terbaik. Banyak supplier yang menjual produk-produk yang bisa Anda jadikan produk bisnis dropship Anda.

Fitur pencarian di situs marketplace tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melihat siapa yang menawarkan produk dengan harga yang paling murah. Pada kolom urutkan, klik kata ‘termurah’, dan voila! Akan muncul tampilan barang dengan harga termurah di layar handphone Anda.

Anda juga harus cermat mengamati setiap riwayat transaksi atau review dari konsumen di kolom komentar. Apakah supplier bisa dipercaya atau tidak.

Dan, demikianlah beberapa tips mencari supplier yang tepat untuk bisnis dropship Anda. Tips-tips tersebut harus Anda perhatikan dengan baik, karena akan mempengaruhi perkembangan bisnis dropship Anda ke depannya. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis dropship. Sukses selalu!


EmoticonEmoticon