Senin, 04 April 2022

Tips Memilih Oli Berkualitas


 

Sudah bukan menjadi sebuah hal yang baru lagi bahwa memilih oli menjadi salah satu bagian penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik agar nantinya kendaraan bermotor yang digunakan bisa memiliki mesin dalam keadaan yang sangat baik. Mencari oli berkualitas sendiri sebenarnya bukan merupakan hal yang mudah dan perlu untuk mencari tahu dengan lebih dalam mengenai setiap karakteristik dari oli yang ada serta apakah nantinya cocok dengan mesin kendaraan yang digunakan. Maka dari itu, kali ini akan dibahas mengenai apa saja tips yang bisa digunakan dalam mencari oli dengan kualitas yang terbaik dan tepat seperti yang ada pada artikel di bawah.

Memilih Jenis Oli yang Memiliki Tingkat Keenceran Sesuai Kondisi Lingkungan


Salah satu tips penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik saat akan membeli atau memilih oli dengan kualitas terbaik yaitu melihat terlebih dahulu seperti apa kondisi lingkungan yang ada. Kemudian, baru menyesuaikan tingkat keenceran yang dimiliki oleh oli tersebut apakah sudah sesuai dengan kondisi lingkungan karena hal ini nantinya akan mempengaruhi tingkat keefektifan yang dimiliki dalam penggunaan oli itu tadi. Cara untuk melihat tingkat keenceran yang ada yaitu melalui kode SAE yang biasanya tertera pada bagian label yang ada sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan dan memilih oli dengan lebih tepat.

Menyesuaikan Oli dengan Jenis Kendaraan dan Kopling yang Digunakan

Tips lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu berkaitan dengan seperti apa jenis kendaraan yang dimiliki atau digunakan serta kondisi kopling yang ada karena kedua hal ini memegang peranan penting untuk memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan bahwa oli yang digunakan nantinya sudah sesuai dengan kondisi dari kedua hal tersebut agar fungsi yang dimiliki saat melumasi mesin bisa sesuai dan mencapai fungsinya dengan lebih baik. Perhatikan pula mengenai kopling yang digunakan karena bagian satu ini memiliki peran besar untuk memastikan bahwa berkendara dilakukan dengan aman dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Memilih Menggunakan Oli dengan API Tinggi Jika Menggunakan Motor Berkinerja Berat

Tips selanjutnya yaitu mengenai tingkat dari API yang dimiliki oleh oli itu sendiri karena nantinya bisa menentukan apakah cocok dengan jenis mesin yang digunakan dan memberikan fungsinya dengan lebih maksimal. Jika menggunakan mesin motor tergolong berat, pastikan bahwa oli yang digunakan memiliki kandungan API yang tinggi sehingga bisa sesuai dengan spesifikasi pembuatan awal dari oli ini sendiri. Selain itu, jika huruf yang ada semakin mendekati huruf S, maka hal ini berarti bahwa kondisi dari oli tersebut memang salah satu yang terbaik dan memiliki kualitas tergolong cukup tinggi dibandingkan lainnya.


EmoticonEmoticon