Sabtu, 11 Juni 2022

Perbedaan WiFi dan Hotspot yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: unsplash.com

WiFi dan hotspot memiliki perbedaan perihal peran penting dalam jaringan, WiFi untuk jaringan area lokal. Sedangkan hotspot sebagai tempat penyedia akses internet ke perangkat melalui WiFi. Sebutan lain dari WiFi adalah jaringan internet tanpa kabel. Dalam penggunaan jaringan internet baik dengan kabel maupun tanpa kabel, pastikan terjadi pertukaran data communication. Di Indonesia sendiri, untuk permasalahan komunikasi data ini para pebisnis menggunakan layanan data communication Indonesia Link Net yang terkenal dengan kecepatannya dan aman untuk keperluan bisnis.

Jika skalanya masih rumah atau kantor kecil, Anda cukup menggunakan WiFi saja. Namun istilah WiFi dan Hotspot seringkali dianggap sama. Apakah Anda juga menganggapnya demikian? Sebenarnya keduanya merupakan hal yang berbeda, loh. Yuk, simak penjelasannya! 

Apa itu WiFi?

WiFi akronim dari Wireless Fidelity, artinya teknologi komunikasi nirkabel dalam jaringan lokal atau Local Area Network (LAN). Sekarang ini, sudah banyak perangkat keras yang terdiri dari modul WiFi, seperti laptop, tablet, smartphone, dan lainnya. 

Apa itu Hotspot?

Hotspot adalah tempat penyedia akses internet yang menggunakan Wireless Fidelity. Hotspot banyak ditemukan pada tempat umum, seperti toko, cafe, bandara, rumah sakit, hotel, perpustakaan umum, stasiun kereta api, universitas, dan masih banyak lagi. 

Perbedaan WiFi dan Hotspot

Setelah mengetahui pengertian masing-masing tentang Wireless Fidelity dan hotspot, sekarang saatnya Anda mengetahui perbedaannya. Berikut ulasan singkatnya: 

1. Penggunaan

Wireless Fidelity berupa teknologi nirkabel untuk jaringan lokal, sedangkan hotspot adalah tempat yang menyediakannya. Maka, sebuah hotspot bisa terbuat dari WiFi, namun jika tidak ada WiFi maka tidak ada hotspot.

Kehadiran WiFi membuat teknologi bisa Anda gunakan untuk jaringan dalam rumah. Semua sistem operasi, seperti OS X, iOS, Linux, Windows, dan Android sudah dibangun untuk mendukung fasilitas WiFi.

Sedangkan hotspot juga bisa di setting dalam rumah dengan menghubungkan router nirkabel, melalui 3G atau ADSL. 

2. Koneksi

Perbedaan WiFi dan hotspot berikutnya adalah perihal koneksi. Hotspot menggunakan perangkat yang bernama access point atau jalur akses terhubung ke router dan bertindak sebagai gateway menuju internet. Sedangkan WiFi penggunaannya antara acces point dan perangkat nirkabel untuk saling interkoneksi.

Wireless Fidelity menggunakan gelombang elektromagnetik radio dengan frekuensi dibawah 2.4GHz. Berbeda dengan hotspot yang menghubungkan perangkat ke satu titik untuk berbagi internet. 

3. Jangkauan Sinyal

Sinyal dari Wireless Fidelity bisa Anda akses hingga kisaran 20 meter, sedangkan hotspot memiliki jangkauan yang lebih kecil. Oleh karena itu, pada umumnya hotspot tidak perlu diberi kata sandi, karena tidak akan bisa diakses semua orang, berbeda dengan Wireless Fidelity.

Akan tetapi, demi menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, maka alangkah baiknya jika Anda tetap memberikan kata sandi. Baik untuk Wireless Fidelity maupun hotspot. Karena, kemampuan para hacker yang semakin tinggi setiap waktunya. 

Sudahkah Anda Memahami Perbedaan WiFi dan Hotspot?

Setelah membaca ulasan perbedaan antara WiFi dan hotspot pada artikel ini, mungkin Anda sudah cukup memiliki gambaran tentang perbedaan keduanya. Jika belum memakai keduanya, maka saatnya memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk pribadi maupun untuk fasilitas umum.


EmoticonEmoticon