Memahami Arti Asmaul Husna Ar Rasyid dan Mengamalkannya

Daftar Isi
memahami arti Asmaul Husna Ar Rasyid dan mengamalkannya

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah yang terdiri dari 99 nama. Salah satunya adalah Ar Rasyid yang artinya Allah Yang Maha Pandai. Bisa juga diartikan dengan Allah pemberi petunjuk ke jalan yang benar dan yang memberikan panduan.

Allah merupakan pengatur terbaik semua rencana dan menunjukkan jalan serta kepercayaan yang benar lagi lurus. Allah tidak pernah memaksa hamba-hamba-Nya untuk memeluk suatu agama namun sudah menunjukkan jalan yang benar lewat para utusannya. Makna dari nama Allah ini tentu saja sangat indah dan wajib dipahami lebih dalam artinya.

Memahami Arti Ar Rasyid Yang Maha Pandai

Ar Rasyid secara bahasa Arab klasik memiliki akar kata r-sh-d yang artinya diarahkan dengan benar agar bisa mengikuti jalan yang lurus. Berarti pula agar manusia mengambil jalan yang benar dan memiliki keyakinan yang benar pula, untuk mengikuti jalan yang benar.

Allah adalah Zat Yang Maha Indah dan Yang Maha Tepat Tindakannya. Allah membimbing dan memberikan petunjuk jalan yang benar kepada siapapun yang beriman dan bertakwa kepada-Nya. Sepandai apapun Anda sebagai manusia, tidak berarti dibanding kecerdasan Allah.

Kita sebagai manusia hanya bisa memohon agar diberi kecerdasan karena Allah sebagai pemilik kecerdasan yang paling sempurna. Yang mana lewat kecerdasan yang dimiliki-Nya, menjalankan semua sifat-Nya untuk mengatur alam dan semua makhluk.

Dalil Tentang Ar-Rasyid

Berikut ini beberapa dalil tentang Ar-Rasyid di dalam Alquran.

  • Surah Al-Baqarah Ayat 256
  • Surah Al-Jinn Ayat 1-3
  • Surah Hud Ayat 87

Mengamalkan Asmaul Husna Ar Rasyid dalam Kehidupan Sehari-Hari

Adapun Asmaul Husna Ar Rasyid tentu saja harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari bagi Anda umat muslim yang taat kepada Allah. Caranya adalah dengan mempercayai agama Islam sebagai agama yang paling sempurna.

Kemudian mempercayai Allah sebagai sebaik-baiknya pemberi panduan dan menunjukkan jalan yang benar. Untuk mengamalkan Asmaul Husna Ar-Rasyid tentu saja dengan membiasakan diri berdzikir dan berdoa dan melafalkan Asmaul Husna.

Adapun berdoa dengan nama-nama Allah yang indah ini bukan hanya sebagai kebutuhan umat muslim tapi menjadi salah satu perintah Allah SWT yang harus dijalani dengan taat. Karena memahami nama-nama Allah yang indah ini juga menjadi salah satu bagian paling penting untuk menyempurnakan keimanan kepada Allah SWT.

Untuk Anda yang belum hafal 99 Asmaul Husna, mulai sekarang bisa belajar tidak hanya menghafal tapi memahami arti dari 99 nama Allah yang indah ini. Untuk yang ingin belajar Asmaul Husna lengkap dengan artinya bisa juga mengunjungi website Surau.co.

Posting Komentar