Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan untuk Karyawan

Daftar Isi


 

Setiap pekerja yang bekerja di perusahaan biasanya akan diberikan asuransi karyawan sebagai bentuk perlindungan. Sejauh ini, PT FWD Insurance Indonesia yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK sudah menjadi penyedia asuransi karyawan terbaik yang telah dipercaya perusahaan-perusahaan besar karena bekerjasama dengan lebih dari 1,000 rumah sakit dan klinik rekanan. Asuransi ini berperan sebagai pengganti biaya berobat karyawan ketika jatuh sakit.

Meski, sudah mendapat asuransi, namun Anda yang berstatus sebagai karyawan tetap harus menjaga kesehatan dengan baik, khususnya ketika musim hujan agar tidak mudah sakit. Lantas, bagaimana caranya menjaga kesehatan di saat musim hujan? Yuk, simak tipsnya berdasarkan situs Biofarma, situs Orami, dan situs Halodoc
 

1. Kelola Asupan Gizi

Banyak yang beranggapan ketika musim hujan harus makan yang banyak agar tidak mudah sakit. Pola pikir seperti ini sebenarnya salah karena Anda butuh asupan gizi yang baik dan teratur supaya tetap sehat. Dalam hal ini, utamakan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, daging, sayur, dan teh hangat.
 

2. Olahraga Secara Teratur

Meskipun cuaca musim hujan itu cenderung sendu dan dingin, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Melakukan olahraga secara berkala bisa dijadikan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan di saat musim hujan serta mencegah tubuh diserang flu, batuk, demam, dan lainnya.
 

3. Hangatkan Tubuh Anda

Udara dingin yang datang bersama musim hujan dapat menyebabkan sakit perut, flu, dan batuk. Untuk itu, Anda perlu menjaga diri dengan cara memakai pakaian yang berbahan tebal serta mengonsumsi makanan dan minuman hangat.
 

4. Bersihkan Rumah dan Lingkungan

Rajinlah membersihkan rumah dan area sekeliling dari sampah. Sampah yang menumpuk tentu akan memancing lalat dan nyamuk, yang kemudian menyebarkan penyakit kemana-mana. Tak hanya di rumah maupun lingkungan sekitar saja, Anda juga wajib menjaga kebersihan di tempat kerja, khususnya di meja kerja supaya bisa terhindar dari kuman penyebab penyakit.
 

5. Istirahat Setelah Beraktivitas

Rata-rata orang sering merasa cepat lelah sehabis beraktivitas di musim hujan. Jika Anda juga merasa lelah, ada baiknya istirahatlah yang cukup. Ini sangat penting dilakukan untuk mengistirahatkan kinerja tubuh setelah bekerja seharian.
 

6. Cuci Tangan dengan Air Bersih

Supaya tetap sehat, Anda disarankan untuk selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan tidak lupa pakai sabun. Tentu saja, melakukan ini dapat membantu menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran yang menempel di tangan Anda.
 

7. Lakukan Vaksinasi

Vaksin itu bukan hanya untuk penyakit COVID-19 saja, tetapi juga untuk penyakit umum seperti flu dan batuk. Apabila memungkinkan, Anda sebaiknya mencari vaksin untuk memperkuat imunitas tubuh sehingga setiap kali turun hujan tidak akan mudah diserang penyakit.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Tetap jaga kesehatan agar tidak mudah sakit, ya!

Posting Komentar