Veneer Gigi : Pengertian, Tujuan dan Manfaat!

Daftar Isi


 

Apa itu veneer gigi? Adapun veneer merupakan cangkang tipis yang warnanya serupa gigi lalu ditempelkan pada permukaan depan gigi dengan tujuan untuk memperbaiki penampilan gigi anda. Biasanya veneer ini dibuat dari bahan porselen ataupun resin komposit yang kemudian saat dipasang secara permanen terikat pada gigi.

Veneer ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan seperti misalnya gigi yang terkelupas, gigi yang patah sampai warnanya berubah atau gigi yang ukurannya lebih kecil dari rata-rata.

Pengertian Veneer Gigi

Adapun seperti diketahui veneer adalah cangkang tipis yang memang digunakan untuk melapisi bagian depan gigi. Cangkang ini dibuat menyerupai bentuk gigi asli dengan tujuan utamanya memperindah gigi dan untuk menutupi kekurangan pada gigi.

Untuk penggunaan veneer biasanya lebih banyak dipakai bahan porselen karena cenderung awet dan tidak memunculkan warna putih yang terlalu mencolok. Veneer ini tidak dibuat sembarangan karena langsung dikerjakan oleh dokter di laboratorium untuk kategori vinyl porselen, sementara veneer composite dikerjakan dokter tanpa menggunakan laboratorium.

Veneer jika ditanya ketahanannya maka akan berbeda untuk kategori veneer porselen dan veneer komposit. Adapun veneer porselen biasanya tahan selama 10 sampai 15 tahun bahkan ada yang bisa tahan sampai 25 tahun. Sedangkan untuk veneer komposit umumnya tahan hanya 3 sampai 5 tahun atau jika perawatannya baik maka bisa tahan sampai 7 tahun.

Tujuan Pakai Veneer

Adapun tujuan dari melakukan veneer gigi adalah mengatasi beberapa kondisi yang dialami oleh setiap orang dengan kondisi berbeda-beda. 

  • Gigi patah ataupun terkelupas 
  • Terdapat celah pada gigi yang bisa diatasi dengan menggunakan veneer. 
  • Mengatasi gigi lebih kecil dari rata-rata. 
  • Gigi runcing atau bentuknya tidak biasa. 
  • Mengatasi perubahan warna pada gigi yang tidak merata ataupun tidak bisa diperbaiki lagi dengan hanya menggunakan pemutih gigi.


Manfaat Veneer Gigi

Untuk manfaat veneer gigi sendiri selain membuat tampilan gigi jadi putih terdapat beberapa manfaat lainnya. 

  • Veneer gigi dapat memperbaiki diskolorasi gigi yang tidak hanya bisa diatasi dengan melakukan bleaching karena fluorosis atau pemakaian obat seperti tetrasiklin yang dapat meninggalkan noda. 
  • Veneer juga dapat membantu untuk membentuk gigi yang abnormal serta malposisi gigi yang ringan.


Sekarang tentu anda sudah tahu apa itu veneer gigi. Bagi yang ingin melakukan veneer gigi maka disarankan mengunjungi klinik dan dokter gigi terbaik yaitu Opal Dental. Dimana klinik ini melayani banyak sekali pelayanan jasa yang berhubungan dengan Gigi salah satunya melakukan veneer, bleaching sampai tambal gigi dan juga ada jasa pemasangan behel.

Posting Komentar