Kamis, 19 Januari 2023

Apa Sih yang Tubuhmu Butuhkan Saat Diet?

apa nutrisi yang tubuhmu butuhkan saat diet

Menjalani diet bukan hanya tentang membatasi asupan kalori dan berolahraga saja namun juga mencukupi asupan nutrisi yang penting bagi tubuh. Mengurangi asupan makan hanya akan membuat tubuhmu membutuhkan jumlah makanan yang lebih besar sehingga kamu cenderung makan berlebih ketika program dietmu usai. 

Olahraga ekstrem juga berpotensi mengakibatkan cidera atau hasil diet yang tidak maksimal. Oleh karena itu, cara yang tepat adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh agar diet yang dilakukan lebih sehat serta membantumu menghindarkan resiko terjadinya masalah kesehatan akibat malnutrisi. 

Guna mencapai hal ini, kita membutuhkan sumber asupan diet yang mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh dan hal ini dapat diperoleh dengan mudah melalui Herbalife Nutrition. Kandungan nutrisi dalam produknya mampu memberikan manfaat-manfaat baik bagi tubuh terutama bagi kamu yang sedang menjalani diet diantaranya mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan lemak dalam tubuh, dan melancarkan sistem metabolisme.

Lalu apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalani diet?

Vitamin

Berbagai jenis vitamin membawa peranan terpenting bagi tubuh yang mampu menunjang dietmu. Beberapa diantaranya adalah:

  • Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata, pertumbuhan jaringan tubuh, dan meningkatkan daya tahan
  • Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, baik untuk kesehatan kulit, membantu indra penglihatan berfungsi lebih baik, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah
  • Vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan terbaik

Mineral

Beberapa mineral yang penting dimiliki tubuh saat diet adalah kalsium dan magnesium.

  • Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi serta memaksimalkan fungsi otot. Sumber kalsium dapat diperoleh dari susu, keju, dan salmon.
  • Magnesium membantu tubuh menangkal osteoporosis, diabetes, kram otot, dan tekanan darah tinggi. Contoh makanan yang tinggi akan magnesium adalah bayam.

Lemak

Sebagian besar dari kita berpikir bahwa diet adalah memangkas lemak sama sekali. Padahal jika dikonsumsi dengan jumlah dan jenis yang tepat, lemak juga memiliki banyak manfaat yang diantaranya adalah memberikan energi yang besar, meningkatkan fungsi otak, menyerap beberapa jenis vitamin, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Protein

Protein dibutuhkan saat diet karena berfungsi menurunkan kadar hormon yang menyebabkan rasa lapar dan juga mencegah hilangnya massa otot yang dapat terjadi selama diet. 

Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan tinggi protein saat diet seperti ikan, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan telur.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh Anda. Memangkas asupan karbohidrat saat diet adalah suatu kesalahan karena jika tidak ada karbohidrat dalam tubuh, maka tubuh akan mengambil energi dari cadangan lemak dan protein. 

Hal ini akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Karbohidrat yang harus dihindari adalah makanan atau minuman yang bersumber dari gula namun karbohidrat yang bersumber dari kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan berserat harus dikonsumsi saat diet.

Serat

Makanan yang mengandung serat sangat bermanfaat karena makanan berserat tidak hanya rendah kalori namun juga akan dicerna lebih lama di dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Adapun makanan tinggi serat adalah jagung, kacang merah, nasi merah, roti gandum, oatmeal, alpukat, buah pir, apel, dan brokoli.

Sekarang kamu tahu betapa pentingnya memiliki nutrisi-nutrisi di atas saat menjalani diet. Mulailah mempelajari program diet yang cocok bagi tubuhmu termasuk memilih produk yang memberikan manfaat yang kamu inginkan seperti Herbalife, asupan dengan kandungan nutrisi lengkap, seimbang, dan tentunya praktis. Selamat memulai diet journey-mu ya, semoga nutrisimu selalu tercukupi!


EmoticonEmoticon