Rabu, 29 Maret 2023

3 Keuntungan Sekolah Menggunakan Kurikulum Cambridge

3 keuntungan sekolah menggunakan kurikulum cambridge
source: jms.sch.id

Saat memilih sekolah untuk buah hati, salah satu hal utama yang orang tua harus pertimbangkan adalah kurikulum yang digunakan dari sekolah tersebut. Kurikulum adalah pondasi suatu sekolah dalam merancang, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran.

 

Oleh sebab itu, orang tua dan juga siswa harus benar-benar mengenali kurikulum yang dipakai agar kegiatan di sekolah sesuai dengan tujuan yang ingin mereka capai. Di Indonesia, terdapat dua kurikulum utama yang biasa dipakai sekolah negeri dan swasta, yakni kurikulum nasional dan internasional.

 

Di antara kedua kurikulum di atas, memang ada perbedaan yang mendasar, seperti bahasa pengantar yang digunakan, mata pelajaran dan ujiannya. Internasional School in South Jakarta sendiri menerapkan kurikulum internasional, yaitu kurikulum Cambridge.

 

Kurikulum ini diperkenalkan oleh Cambridge Assesment Internasional Education, yang mana ialah penyedia kurikulum yang sudah mempunyai kualifikasi internasional. Berikut ini adalah 3 (tiga) keuntungan sekolah menggunakan kurikulum Cambridge. Yuk langsung disimak!

 

Terbiasa Berbahasa Inggris

 

Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar pada kurikulum Cambridge. Maka, para siswa jadi terbiasa untuk bercakap menggunakan bahasa Inggris. Mereka bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris mulai dari reading, listening, speaking dan writing.

 

Karena terbiasa berbahasa Inggris, hal ini bisa menjadi bekal mereka untuk bisa mendapatkan sertifikasi profiensi bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL.

 

Memiliki Lingkungan Pertemanan yang Luas

 

Umumnya, siswa yang bersekolah di sekolah Internasional kebanyakan berasal dari luar negeri. Terlebih dengan kurikulum yang ditetapkan, membuat para siswa memiliki kesempatan untuk memiliki teman dari berbagai negara.

 

Dengan memiliki teman dari luar negeri, siswa juga akan mudah mengenal keberagaman budaya negara lain dan mengembangkan rasa toleransi mereka terhadap sesama.

 

Berkesempatan Kuliah di Kampus Ternama di Luar Negeri

 

Keuntungan paling benefit yang bisa dirasakan siswa yang bersekolah dengan kurikulum Cambridge adalah memiliki kesempatan lebih besar untuk kuliah di kampus ternama. Baik di dalam maupun luar negeri.

 

Ini karena, siswa sudah terbiasa dengan sistem pengajaran berstandar internasional, dan juga telah mengantongi sertifikasi kualifikasi internasional seperti A-Level. Sertifikasi ini merupakan salah satu persyaratan utama untuk mendaftar di kampus-kampus top dunia, di antaranya University of Cambridge, Oxford University, Harvard University dan lain-lain.

 

Itulah ulasan mengenai 3 keuntungan sekolah menggunakan kurikulum Cambridge. Salah satu sekolah swasta yang menerapkan kurikulum internasional ini adalah Jakarta Multicultural School (JMS). International School Jakarta ini memiliki lingkungan yang asri, sehingga membuat para siswa belajar dengan nyaman.

 

Selain itu, JMS selalu memperhatikan rasio jumlah guru dan siswa, yang bertujuan agar guru bisa dengan mudah memperhatikan potensi dan tantangan yang dihadapi setiap siswa dengan cermat. Untuk mengetahui informasi selengkapnya bisa dilihat di laman jms.sch.id. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon