Jumat, 07 April 2023

Alasan Mengapa Pabrik Manufaktur Membutuhkan Software Manufaktur (ERP)

Industri manufaktur memerlukan tenaga kerja yang banyak. Pasalnya, proses bisnisnya sangatlah kompleks. Mulai dari proses produksi hingga penjualan memiliki departemen masing-masing. Bukan suatu hal mudah untuk mengintegrasikan semua departemennya.

Namun saat ini, proses industri manufaktur bisa dibuat menjadi lebih efisien dan efektif. Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi atau software manufaktur bernama ERP (Enterprise, Resource, Planning). Software manufaktur merupakan teknologi perangkat lunak yang dirancang khusus guna membantu kegiatan bisnis pada sebuah industri atau pabrik.

Sistem manufaktur yang kompleks pun akan menjadi terlihat sederhana. Tujuannya, membuat proses bisnis berjalan dengan lebih cepat dan lebih hemat biaya, namun kualitas produknya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa alasan pabrik atau industri manufaktur membutuhkan software ERP. Simak baik-baik, ya!

Mempercepat Proses Produksi

Proses mengolah bahan mentah dalam industri manufaktur harus ada perencanaan yang matang. Meliputi pengalokasian sumber daya, menentukan jumlah tenaga kerja, penentuan jumlah bahan baku, mengelola jadwal dan juga mengatur setiap tahapan dalam proses produksi.

Dengan menggunakan software manufaktur, semua hal tersebut bisa diintegrasikan dengan baik dan berdampak pada proses produksi yang semakin cepat. Proses produksi yang cepat berpengaruh pula terhadap peningkatan jumlah produksi.

Mengelola Persediaan

Proses produksi yang dilakukan industri manufaktur ialah mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau jadi. Proses produksi yang berjumlah besar, membuat perusahaan manufaktur harus punya sistem pengelolaan barang yang jelas.

Biasanya, stok barang di dalam perusahaan manufaktur dikelola oleh departemen warehouse. Jika memiliki sistem manufaktur ERP, industri jadi lebih mudah dalam menetapkan persediaan raw material, work in progress maupun finished goods.

Mengurangi Adjusting Entries

Adjusting entries merupakan jurnal yang dibuat untuk menyelesaikan nilai setiap saldo pada akhir akuntansi, biasanya ada dalam jurnal umum atau buku besar. Beberapa transaksi yang membutuhkan adjusting entries meliputi piutang pendapatan, biaya depresiasi, beban yang harus dibayar serta penghasilan yang ditangguhkan.

Jika menggunakan sofware manufaktur ERP ini, aktivitas dalam penyesuaian jurnal ini bisa dikurangi. Karena, semua proses akuntansi termasuk adjusting entries akan diotomatisasi melalui program ERP. Jadi, perusahaan manufaktur bisa memantau kesehatan keuangan secara lebih baik.

Demikianlah beberapa alasan mengapa pabrik atau industri manufaktur membutuhkan software atau sistem manufaktur ERP. Bagi yang tengah mencari software manufaktur berkualitas, bisa membelinya di PT BSB (Bersatu Selaras Bersama). Perusahaan telah berpengalaman dalam membangun software manufaktur untuk berbagai industri.

Produknya dijamin high quality, sehingga kepuasan klien bisa tercapai. PT BSB juga menjual berbagai perangkat hardware, seperti notebook ASUS. Untuk mengetahui detail informasi selanjutnya, silakan kunjungi laman ptbsb.id. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon