Sabtu, 23 September 2023

Review Fitur Baru IPOT: Pengalaman Belajar Saham Tanpa Perlu Registrasi

review aplikasi IPOT

Belakangan ini, perencanaan investasi jadi topik yang hangat di kalangan anak muda.

Ditambah lagi, banyaknya informasi seputar investasi membuat saya makin tergerak untuk belajar investasi, khususnya saham.

Di awal belajar investasi, saya sempat bingung harus memulainya dari mana. Saya pun mulai mencoba beberapa aplikasi investasi yang ada di Play Store. Sampai akhirnya menemukan aplikasi investasi IPOT.

Nah, di postingan ini, saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan aplikasi IPOT dan juga beberapa fitur unggulannya.

Buat teman-teman yang penasaran tentang aplikasi ini, bisa banget buat baca artikel ini. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Sekilas Cerita Tentang Aplikasi IPOT

aplikasi IPOT

Beberapa bulan lalu, saya memulai perjalanan berinvestasi. Saat itu, karena bingung, saya mendownload beberapa aplikasi investasi.

Sayangnya, aplikasi tersebut tidak punya tutorial cara penggunaan yang cukup sehingga saya sering kali bingung menggunakannya. Selain itu, informasi investasi di dalamnya kurang memadai. Di sana lah awal mula saya menemukan aplikasi IPOT di Play Store.

Nah, aplikasi IPOT sendiri adalah salah satu aplikasi besutan Indo Premier Sekuritas. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi investasi dengan banyak fitur yang bisa digunakan tanpa registrasi.

Aplikasi investasi ini punya beragam jenis instrumen investasi yang bisa dipilih. Mulai dari reksa dana, ETF hingga saham.

Buat pemula seperti saya, aplikasi ini bisa membantu untuk mendalami lebih lanjut tentang berbagai investasi saham yang ada. Selain itu, aku bisa melakukan simulasi transaksi saham dengan mudah, hanya dengan sekali swipe.

Informasi seputar market saham juga disajikan secara real time dan lengkap. Bahkan para pengguna juga dapat berbagi pendapat, pengalaman atau informasi lain seputar informasi. 

Review Dua Fitur Unggulan IPOT Untuk Investasi Mudah

Sebenarnya, aplikasi IPOT punya banyak fitur yang membantu investasi. Namun saya paling suka dengan dua fitur terbarunya, yaitu IPOT Buzz dan simulasi investasi. 

1. IPOT Buzz

Fitur IPOT Buzz

Fitur pertama yang saya coba adalah IPOT Buzz. Fitur forum investasi yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin mencari tahu lebih tentang saham. Di aplikasi ini kita bisa langsung mendapatkan berita terkini seputar saham langsung dari para ahli.

Buat pemula yang ingin berbagi tentang saham juga bisa menggunakan fitur ini. Pengguna hanya perlu memilih topik sesuai dengan kategori yang telah disediakan.

Di IPOT Buzz kita bisa memilih 6 kategori. Mulai dari All, Saham, Rumour, Ahli, Hot Topics, IPS Research, International dan IPOT Tricks.

Karena saya masih pemula, saya paling suka membaca IPOT Tricks yang menampilkan berbagai tips seputar investasi supaya cuan makin maksimal.

Selain itu, saya juga suka membaca kategori All yang menampilkan informasi terkini seputar investasi secara lengkap.

Hal menarik lainnya yang saya temukan adalah IPOT Buzz juga tersedia di fitur EZ Saham. Jadi, para pengguna bisa belajar bertransaksi saham sambil membaca berita terkini untuk menentukan strategi transaksi saham yang cocok.

Berbeda dengan forum investasi pada umumnya, IPOT Buzz tidak hanya memberi wadah bagi para investor untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi mengenai dunia pasar modal.

Jadi saya dapat memantau setiap diskusi yang pengguna lakukan mengenai kondisi pasar modal secara real time. Tidak hanya itu saja, IPOT Buzz juga menyediakan kanal kategori untuk terhubung langsung dengan para ahli investasi.

Beberapa publik figur yang turut meramaikan kanal Ahli ini mulai dari Raditya Dika, Melvin Mumpuni, Rivan Kurniawan, Olivia Louise, Andy Senjaya dan masih banyak lagi.

Mereka semua kerap kali membagikan tips dan trik seputar investasi, pengalaman untuk menambah wawasan di pasar modal hingga bocoran saham-saham mana yang berpotensi menghasilkan profil. Menarik banget kan? 

2. Simulasi Investasi

Fitur Simulasi Investasi IPOT

Selanjutnya ada fitur simulasi investasi. Menurut saya, fitur ini cocok untuk siapa saja yang baru ingin memulai investasi, khususnya saham.

Terlebih untuk kita yang tidak tahu harus memulai dari mana. Tidak hanya itu, fitur ini juga menampilkan beberapa informasi yang kita perlukan.

Seperti portofolio, stocklist, Market, AI Trending, sampai Market Buzz. Semua tampilan ini bisa kita temukan di tampilan utama fitur EZ Saham di aplikasi IPOT.

  1. Portofolio sendiri menampilkan riwayat transaksi saham yang telah kita lakukan sebelumnya.
  2. Stocklist yang menampilkan informasi saham yang paling sering dibeli. 
  3. Selanjutnya ada AI trending yang menampilkan saham yang sedang di waktu tertentu. Baik secara nilai transaksi, bid ratio ataupun frekuensinya. 
  4. Lalu, ada Market yang menampilkan keadaan pasar saham (IHSG) secara live serta saham yang sedang naik atau turun. 
  5. Selain itu ada fitur Market Tools yang membantu kita untuk melakukan investasi atau trading. 

Hal yang paling saya suka di sini ialah kita bisa melakukan simulasi bertransaksi saham dengan mudah. Baik membeli ataupun menjual saham.

Salah satu yang menarik adalah kita bisa melakukannya tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Untuk yang pemula, kita tidak perlu khawatir karena tidak harus top-up saldo.

Dalam menggunakan simulasi ini, kita bisa menggunakan saldo virtual yang ada serta tampilan data real time sehingga benar-benar seperti investasi sesungguhnya.

Setelah memasukkan unit saham yang ingin dibeli, kita dapat langsung swipe untuk langsung membeli ataupun menjual saham.

Bagi anak muda yang sering ragu untuk membeli saham, fitur ini sangat membantu. Selain itu, simulasi saham juga berguna banget buat orang yang punya perencanaan pembelian saham sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan sebelum benar-benar melakukan investasi yang sebenarnya. 

Kesimpulan

Meskipun disebutkan jika fitur terbaru dari IPOT ini cocok digunakan untuk semua macam investor, tapi hal ini akan sangat membantu bagi para pemula.

Sebab seringkali dalam memulai investasi saham mungkin jadi hal yang cukup rumit. Salah satu penyebabnya adalah minimnya tutorial cara penggunaan aplikasi investasi dan akses informasi lebih lanjut tentang saham.

Aplikasi IPOT hadir dengan 2 fitur terbarunya, IPOT Buzz dan Simulasi Investasi untuk masalah ini.

IPOT Buzz adalah forum informasi yang memungkinkan para pengguna untuk bertukar dan mendapat informasi seputar investasi.

Sementara Simulasi Investasi dapat membantu para pemula yang ingin belajar untuk melakukan transaksi saham. Keduanya bisa diakses secara mudah dan tanpa registrasi.

Nah, itu dia tadi ulasan tentang review aplikasi investasi IPOT yang bisa digunakan tanpa registrasi versi saya. Apa pendapat Anda?

Dengan aplikasi investasi IPOT, semua orang bisa belajar saham dan berinvestasi dengan mudah. Apalagi, IPOT juga dilengkapi dengan forum investasi yang memudahkan kita buat memulai investasi.

Tunggu apa lagi? Yuk mulai investasi untuk masa depan yang lebih baik. #PakeAjaDulu aplikasi IPOT dan rasakan kemudahan belajar investasi sekarang juga!


EmoticonEmoticon